Sedimentasi Sungai Pelayaran Hampir Satu Meter


Demak – Tingginya sedimentasi lumpur Sungai Pelayaran menjadi ancaman serius lantaran mencapai hampir satu meter. Selain itu sampah dan tanaman pengganggu seperti enceng gondok menambah kesan sungai tersebut semakin kumuh.
Karena itu, Sungai Pelayaran menjadi titik sektor utama Kodim 0716/Demak menggiatkan gerakan sungai bersih dan sehat. Dandim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto melalui Danramil Sayung Kapten Sukartiyo mengatakan, tingginya sedimentasi Sungai Pelayaran ini karena posisi wilayahnya berada di daerah hilir.
“Sungai ini pernah meluap ketika intensitas dan curah hujan tinggi pada beberapa bulan lalu. Saat itu air laut sedang pasang, debit sungai semakin tinggi sehingga meluap ke daratan,” katanya, di sela-sela kegiatan karya bakti membersihkan Sungai Pelayaran, belum lama ini.
Hanya saja, kegiatan Jumat bersih ini baru sebatas membersihkan sampah dan tanaman liar yang tumbuh di atas sungai. Sedikitnya 200 personil TNI dari Kodim 0716 dan komandan Koramil se-Kabupaten Demak ikut serta dalam kegiatan tersebut. Hadir juga pada kegiatan ini Kasdim Mayor Inf M Darojat.
Gerakan sungai bersih dan sehat ini merupakan tindak lanjut dari gerakan kebersihan nasional yang dicanangkan pusat pada 2012. Saat ini, gerakan tersebut diisi dengan aksi gotong-royong dan bersih-bersih sungai yang tidak hanya melibatkan unsur TNI, tapi juga seluruh komponen masyarakat.
“Kami berharap aksi ini bisa memberi contoh masyarakat mengingat mereka masih sering membuang sampah ke sungai. Kalau soal sedimentasi lumpur itu menjadi kewenangan instansi pengairan dan semoga segera dikeruk,” tukasnya. *(Humas Demak