Ribuan Orang Komitmen Tolak Golput

Demak – Lebih dari 1.500 warga Demak menolak tidak hadir ke TPS alias golput pada Pemilu 9 April mendatang. Komitmen tersebut mereka nyatakan dengan menandatangani kesepakatan bersama saat digelarnya “Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu Jujur dan Adil”, Minggu (9/3).

Kegiatan ini digelar KPU Demak untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014. Hadir pada acara itu Bupati Moh Dachirin Said, Ketua DPRD Demak Muklasin, Kajari Demak Zairida dan Wakapolres Demak Kompol Teddy Rayendra.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan kesuksesan pemilu bergantung pada partisipasi pemilih. Suara rakyat menentukan nasib masa depan bangsa. “Jangan sia-siakan masa depan bangsa hanya karena tidak datang ke TPS. Mari sukseskan pemilu dan katakan haram pada money politic,” ujarnya.

Ketua KPU Demak, Mahmudi mengatakan, logistik pemilu berupa surat suara dan formulir C sudah tiba. Logistik tersebut akan selesai didistribusikan ke masing-masing kecamatan hingga akhir Maret.

Selanjutnya, seluruh logistik akan didistribusikan ke TPS pada H-1 pemungutan suara. Sehubungan tingkat partisipasi pemilih, menurutnya, golput bukan solusi untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang kian carut marut.

Sementara itu, ketua panitia, Fadloli mengatakan, animo peserta mengikuti gerak jalan begitu besar yakni mencapai 2.000 orang. Panitia menyediakan puluhan jenis doorprize dan hiburan musik untuk menghibur peserta. *(Humas Demak–NDR)