Selasa, 22 Oktober 2013

Jaga Tradisi Sedekah Laut

DEMAK – Pesta sedekah laut yang dirangkai dengan tradisi Syawalan berlangsung meriah di Pantai Morodemak, Ke
camatan Bonang, Sabtu (20/10) pagi tadi. Ribuan pengunjung dari Demak dan sekitarnya berdesak-desakan memadati jalan selebar empat meter menuju lokasi.

Pengunjung tumplek bleg di sekitar pantai dan banyak yang ikut berperahu, hingga beberapa di antaranya terlihat berbahaya karena melebihi kapasitas perahu.
Hadir pada tradisi Syawalan Morodemak,

Bupati Demak Drs H Tafta Zani MM berserta jajaran muspida. Rombongan bupati menumpang kapal terbesar jenis purse seine yang telah disediakan panitia, bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama, yang didaulat untuk mendoakan tumpeng sesaji ritual sedekah laut.

Sementara itu ratusan personel gabungan Polres Demak, Kodim, dan Satpol PP terlihat pula siaga mengamankan jalannya pesta nelayan tridesa (Desa Purworejo, Margolinduk, dan Morodemak) yang rutin digelar pada seminggu setelah Lebaran itu.

Karena pada saat yang sama rombongan bupati berlayar ke lepas pantai, hiburan musik dangdut dan campursari juga ditampilkan untuk menghibur pengunjung yang tidak kebagian kapal ataupun perahu.

“Semoga tradisi sedekah laut yang merupakan wujud syukur nelayan atas berkah yang melimpah berupa hasil laut dan keselamatan dari Allah SWT selama melaut ini dapat terus lestari. Bahkan menjadi aset pariwisata di Kabupaten Demak, dan bisa mendatangkan ribuan wisatawan yang tak hanya dari Demak saja,” kata bupati.

Artikel Terkait