2.053.272 Surat Suara Tiba Di KPU Demak

Demak – Sebanyak 2.053.272 set surat suara untuk pemilu legislatif (pileg) sudah diterima KPU Demak, Kamis (6/3). Surat suara yang diangkut tiga mobil ekspedisi itu dicetak PT Seni Budaya di Cijera, Kabupaten Bandung selaku rekanan pemenang tender pencetakan suara.

Ketua KPU Demak, Mahmudi mengatakan, pengiriman surat suara ini lebih awal dari penjadwalan yakni antara 9-10 Maret mendatang. Meski begitu, pihaknya telah menyiapkan dua gudang sebagai tempat pensortiran dan pelipatan surat suara.

“Surat suara untuk Pileg DPR dan DPRD Provinsi disortir serta dilipat di gudang KPU. Untuk surat suara Pileg DPD dan DPRD Demak disimpan di gudang IPHI,” katanya.

Proses pensortiran dan pelipatan suara akan dimulai Senin (10/3) besok. Sebanyak 200 tenaga kerja sudah dipersiapkan. Mereka nantinya mendapatkan upah Rp 100 per lembar surat suara yang dilipat setelah lolos sortir.

Diperkirakan proses tesebut memakan waktu sekitar 12 hari. KPU memprediksikan tiap pekerja mengerjakan surat suara sedikitnya 1.000 lembar per hari. Pekerjaan tersebut dimulai pukul 08.00-00.00.

“Kami perkirakan pelipatan surat suara selesai akhir Maret. Kini, kami tinggal menunggu kelengkapan form yang belum dikirimkan KPU provinsi,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolres Demak, AKBP R Setijo Nugroho Harjo Hasta Putra mengatakan, 84 orang personel disiagakan sebagai pasukan cadangan dalam pengamanan Pileg memasuki masa kampanye. Dua personel di antaranya disiagakan di gudang KPU setempat untuk menjaga keamanan logistik.

“84 personel ini termasuk pasukan penanganan bencana alam, teroris dan unjuk rasa. Pengamanan logistik ketika didistribusikan ke kecamatan juga diamankan pasukan tersebut,” tukasnya. *(Humas Demak–NDR)